Terselubung

Blog Terselubung

Tahukah Kamu Jika Ada Otak ke Dua di Perut Kita

Terselubungi.com – Kita semua pasti sudah tahu bahwa otak kita hanya ada satu yaitu otak besar yang berada di atas atau kepala.

Tapi ternyata anggapan kita itu salah besar. Ya, ternyata selama ini kita memiliki dua otak yang berada di perut, dan hal diungkapkan langsung oleh para ahli dari ASAP Sciences.

Para ahli mengatakan, otak kedua manusia ini mengandung bakteri yang mirip dengan struktur otak, serta memeranguhi mood, perilaku dan kesehatan mental.

Dihimpun Kompas.com, otak kedua ini terdiri dari kumpulan saraf yang disebut dengan sistem saraf enterik di pencernaan, berada di usus dan mengendalikan banyak hal, melebihi apa yang mungkin tidak kita sadari. Yang membuat sistem saraf enterik sangat istimewa ialah dapat mengontrol seluruh sistem pencernaan.

loading...

Mulai dari kerongkongan hingga anus. Tak sampai disitu, kehebatan dari otak ini selanjutnya adalah tetap terus berfungsi meski terpisah dari otak.

Selain mengendalikan sistem pencernaan, sistem saraf ini juga dapat memengaruhi mood dan perilaku kita. Lebih dari separuh dopamine dan 90 persen serotonin, dua jenis hormon yang terkait dengan perasaan gembira, diproduksi oleh bakteri usus.

Bakteri usus tersebut juga mengirimkan sinyal secara langsung ke otak untuk meminta jenis makanan tertentu. Misalnya ingin memakan makanan yang manis-manis.

Namun, dikatakan oleh Emeran Mayer, untuk prosesnya tersebut sangatlah rumit.

“Sistem ini sangat rumit untuk berevolusi dan memastikan apa yang harus dikeluarkan dari usus besar,” kata profesor fisiologi, psikiatri dan ilmu bioperilaku dari Universitas California, Los Angeles itu.

5 Lagu ini Bisa Memanggil Setan, Percayalah Salah Satunya Pasti Sering Kamu Nyayikan. Ngeri Banget Dah!

Updated: November 2, 2016 — 8:30 pm
Terselubungi.Com © 2014