Terselubung

Blog Terselubung

Tahu Gak Kamu 6 Negara Ini Dulunya Pernah Jadi Bagian dari Indonesia

negara Indonesia

Terselubungi.com – Indonesia memiliki delapan pulau dan tiga puluh empat provinsi. Namun hal ini terbentuk ketika Indonesia dinyatakan merdeka. Sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945, ternyata ada beberapa negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia.

Dikutip merdeka.com, inilah daftar beberapa negara yang dulunya pernah menjadi bagian dari Indonesia.

1.Timor Leste

Negara pertama yang pernah menjadi bagian dari Indonesia adalah Timor Leste atau yang dulunya Timor Timur. Terpisahnya negara ini dengan Indonesia disebabkan kelompok pro-kemerdekaan memenangkan referendum yang dilakukan oleh Presiden BJ Habibie pada 1999.

2.Brunei Darussalam

Catatan dari China dan Arab menyebutkan pada IX wilayah Brunei Darussalam dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya dan meluaskan pengaruhnya ke Kalimantan Utara. Namun, kekuasaan tersebut jatuh ke tangan Kerajaan Majapahit dan Patih Gajah Mada karena ambisinya untuk melaksanakan Sumpah Palapa.

3.Malaysia

Masih sama dengan Brunei Darussalam, Malaysia juga dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-8. Selain itu, Kerajaan Majapahit juga pernah menguasa wilayah ini atas perintah dari Patih Gajah Mada. Setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno juga ingin menyatukan Malaysia ke wilayahnya dan pernah membentuk Dwikora untuk mewujudkan impian tersebut.

4.Singapura

Hal ini mungkin mengejutkan kamu, tetapi inilah faktanya. Pada masa lampau, Singapura bernama Temasek. Dahulu wilayah ini tidak terlalu mendapat banyak perhatian karena tidak memiliki kekayaan alam yang banyak. Namun, Buku Negarakertagama karangan Mpu Prapanca menyebutkan bahwa Temasek adalah wilayah kekuasaan Majapahit dan menempatkan Adityawarman sebagai panglima militer di kala itu.

5.Kamboja

Kamboja adalah salah satu negara berikutnya yang pernah menjadi bagian dari Indonesia. Kerajaan Sriwijaya pernah melakukan invasi militer ke wilayah yang sekarang bernama Kamboja, pada abad ke-7. Bukti ini diperkuat dengan ditemukan prasasti di Tepi Sungai Mengkong.

6.Filipina

Kerajaan Majapahit menyatakan pernah menguasai wilayah Mindanau, Filipina. Patih Gajah Mada bertekad menjadikan Mindanau wilayahnya karena terikat Sumpah Palapa yang ingin menyatukan wilayah Nusantara di waktu itu.

.
Updated: Mei 6, 2016 — 8:30 pm
Terselubungi.Com © 2014