Terselubung

Blog Terselubung

Setahun Jadi Presiden 6 Kebiasaan ini Ternyata Masih Melekat pada Jokowi

7

Terselubungi.com – Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terhitung sudah genap satu tahun. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2014 di Gedung DPR/MPR. Selama setahun ini Jokowi berhasil menjadi pemimpin tertinggi di negeri ini setelah mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa dalam Pemilihan Presiden Juli 2014. Dan selama setahun menjadi Presiden ke 6 ini , ada sejumlah kebiasaan yang masih melekat pada Jokowi.

Beberapa kebiasaan yang melekat di dalam diri Jokwoi selama menjabat sebagai Presiden Ri . Dan kebiasaan ini sudah dilakukan selama setahun menjabat sebagai Presiden RI ke 6 ini.

Dan seperti yang dilansir dari Liputan6.com, inilah dia kebiasaan yang masih melekat pada Jokowi selama setahun menjabat ini.

1. Blusukan

Salah satu kebiasaan yang melekat pada diri Joko widodo yakni blusukan.  Saat memimpin DKI Jakarta, hampir tiap hari Jokowi blusukan ke kampung-kampung untuk bertemu warganya. Jika sebelumnya Jokowi blusukan keluar masuk kampung Jakarta, kini dia keluar masuk kampung Nusantara.

Seperti pada Kamis 30 Juli 2015, Jokowi didampingi  Ibu Negara Iriana dan sejumlah menteri blusukan ke Desa Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah. Dalam blusukannya, Jokowi menyerahkan 3 jenis ‘kartu sakti’, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada perwakilan warga.

Jokowi juga pernah blusukan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) untuk melihat seisi kota. Jokowi masuk ke Lulu Hypermarket yang berada di pertokoan Khalidiyah Mall, dan langsung disambut lagu ‘Indonesia Raya’ yang dikumandangkan oleh warga Indonesia yang berada di Hypermarket tersebut.

2. Bersepeda di Akhir Pekan

Salah satu kebiasaan yang melekat di pada Jokowi selama setahun menjabat ini adalah bersepeda di akhir pekan. Saat bersepeda presiden dan dikawal banyak Paspampres, Jokowi tidak menghilangkan kebiasaannya bersepeda di akhir pekan. Presiden Jokowi lebih sering bersepeda di sekitar Istana Bogor, selain itu Jokowi bersepeda lagi di sekitar Kota Bogor didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, kapolres dan dandim setempat. Rombongan Jokowi menembus kerumunan warga di car free day di Jalan Jalak Harupat.

3. Bagi – Bagi Uang Atau Barang

Selain blusukan , Jokowi juga bagi- bagi uang atau barang ke masyarakat kecil. Bahkan hampir di setiap kunjungannya baik di daerah maupun di Ibu Kota, Jokowi selalu membagi-bagikan uang atau barang kepada warga yang mengerumuninya , barang tersebut mulai dari buku tulis dan alat sekolah untuk murid-murid, baju, hingga membagikan sepeda.

Bagi bagi uang atau barang ini terlihat ketika Jokowi pergi ke Solo, Jawa Tengah, untuk mengurus pernikahan putra pertamanya, Gibran Rakabuming Raka pada April 2015, Jokowi meminta ajudannya mengambilkan tas berisi amplop di dalam mobil. Amplop berisi uang itu langsung dibagi-bagikan kepada warga. Terlihat pula , Putra dan putri Jokowi, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep, ikut membagi-bagikan amplop tersebut kepada warga yang menunggu Jokowi di depan Restoran Ikan Goreng Cianjur di Jalan Slamet Riyadi Solo.

4. Menggenakan Kemeja Putih

Salah satu ciri khas Jokowi saat memimpin sebagai Presiden RI selama setahun ini adalah menggunakan kemeja putih. Pemerintah Jokowi acara formal, sangat formal, hingga acara yang terbilang santai, Presiden Jokowi tak pernah menanggalkan ‘seragam’ kemeja putih polosnya.

Pada 26 Oktober 2014 di halaman kompleks Istana Presiden, Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih. Kemeja dengan warna senada juga dikenakan wakilnya, Jusuf Kalla dan semua menteri yang ditunjuk mengisi Kabinet Kerja saat bertemu Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Istana Merdeka usai pelantikannya sebagai presiden, 20 Oktober 2014. Bahkan Jokowi juga menggenakan kemeja putih saat menemui para petani di sawah pada 6 Maret 2015 didampingi Menteri Pertanian Amran Sulaiman berkemeja putih saat mencoba menjalankan mesin traktor di tengah sawah berlumpur di Desa Jetis, Ponorogo, Jawa Timur.

5. Menyalami Warga

Kebiasaan Jokowi selama menjabat sebagai Presiden ini dia seringkali menyalami warga yang sedang berpapasan dengannya. Warga Jakarta yang terbilang akrab dan dekat dengan Jokowi, tetap tidak bosan-bosan mengerumuni mantan pengusaha mebel itu. Dari kebiasaannya ini Jokowi seolah tak pernah lelah melayani masyarakat bersalaman. Meski tangannya pernah lecet gara-gara terlalu banyak bersalaman, Jokowi hingga kini tetap dengan kebiasaannya bersalaman dengan warga.

6. Santap Siang Bersama

Kebiasaan terakhir yang melekay dalam diri Jokowi selama menjabat sebagai Presiden RI ini dia selalu memiliki waktu untuk makan siang bersama sebagai bentuk mendamaikan pihak-pihak yang tak suka dengan kebijakannya maupun untuk semakin mempererat hubungannya dengan kelompok-kelompok tertentu.

Selama setahun ini , Jokowi kerap menyelenggarakan makan siang bersama di Istana Presiden. Mulai dari makan siang bersama dengan pejabat tinggi, elite politik, tokoh nasional, akademisi, praktisi, pemimpin media, musikus, hingga santap siang bersama pedagang, sopir dan tukang ojek.

Nah, itulah dia kebiasaan yang melekat pada jokowi setelah setahun menjabat sebagai presiden RI.

6 kebiasan jokowi saat kunjungan jokowi suka membagikan buku dan sepeda
.
Updated: Oktober 29, 2015 — 10:56 pm
Terselubungi.Com © 2014