Terselubung

Blog Terselubung

Selama 47 Tahun NASA Rahasiakan Rekaman Suara Misterius Ini dan Kini Akhirnya Dibongkar. Mau Tahu Suara Apa Itu?

apollo-10_1_20160222_005658

Terselubungi.com – Pada tahun 1969 silam, astronot yang tergabung dalam tim penjelajahan ruang angkasa Apollo 10, berhasil menangkap sebuah gelombang suara yang terdengar seperti alunan musik, sebuah suara yang belum pernah mereka dengar sebelumnya.

Para astronot uang mengorbit di bulan selama satu jam itu terkejut bukan main ketika mendengar suara tersebut, seperti dilansir Daily Mail.

Mereka tak hanya terkejut, tapi  mereka juga bingung untuk menemukan jawaban dari mana suara misterius itu berasal.

Dalam rekaman tersebut, terdengar percakapan para astronot yang meliputi Eugene Cernan, Tom Stafford, dan John Young. Saat itu mereka terlihat seperti berdebat mengenai asal muasal suara misterius itu.

Mereka juga berdiskusi untuk memutuskan apakah akan memberitahukan hal itu kepada pusat kendali di bumi atau tidak.

apollo-10_2_20160222_005743

Apakah kamu mendengarnya? Apakah itu suara siulan? Whoooo !

Ini seperti suara musik luar angkasa,” jawab astronot lainnya.

Benar, ini musik yang aneh,” demikian yang terdengar dalam rekaman percakapan tersebut.

Mereka percaya kalau suara misterius yang terdengar selama satu jam itu bukan berasal dari bumi. Karena saat itu mereka sedang menorbit di sisi jauh orbit bulan yang berada di luar jangkauan sinyal transmisi radio atau berada di luar jangkauan sinyal dari bumi.

Setelah mereka kembali ke bumi, NASA langsung menyimpan dan merahasiakan bukti rekaman suara misterius itu. Sampai pada tahun 2008, akhirnya mereka mulai menelitinya. Selama itu jugalah ketiga astronot itu tidak membeberkan temuan mereka kepada publik.

Namun, dugaan muncul bahwa suara itu sebenarnya berasal dari efek medan magnetik atau efek dari interaksi atmosfer dengan gelombang radio. Akan tetapi, pernyataan itu dibantah oleh para ahli yang menjelaskan bahwa bulan tak memiliki medan magnetik dan tidak cukup memiliki atmosfer untuk membuat sarana tersebut.

.
Updated: April 3, 2016 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014