Terselubung

Blog Terselubung

Mau Tahu Seperti Apa Mesin Pencetak Uang Rupiah Pertama

gfg

Terselubungi.com – Apakah kamu tahu tentang sejarah mesin pencetak uang rupiah? Mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya, tapi kali ini kamu bisa mengetahuinya lewat artikel yang akan kita bahas kali ini,

Mesin pencetak uang pertama merupakan hasil dari rampasan Belanda, yang kala itu menjajah Indonesia. Sebelum berhasil mencetak uang sendiri seperti saat ini, kita menggunakan mesin pencetak uang yang diambil dari pihak Belanda.

Menurut Ian, 45 tahun  yang merupakan staf Museum artha, mesin uang kita merupakan hasil rampasan dari pihak Belanda, yang kala itu datang dan pergi ke Indonesia.

loading...

Museum artha merupakan museum yang menyimpan semua barang yang berkaitan dengan mesin pencetakan, termasuk pencetakan uang pertama kali di gunakan.

Di museun tersebut terdapat mesin pencetak uang kertas dan juga uang logam yang berasal dari abad ke 20. Selain itu,ada juga foto-foto yang menunjukan betapa beratnya perjuangan rakyat Indonesia untuk mencetak uang sendiri.

Saat Indonesia belum merdeka, kita menggunakan tiga mata uang yaitu dari the japanese bank,  uang Hindia Belanda dan pada masa penjajahan Jepang.

Bahkan saat 17 Agustus 1945, yang merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia pun, Indonesia belum menggunakan mata uang sendiri, karena saat itu negara Indonesia belum merdeka sepenuhnya, sebab belum di akui oleh negara lain.

Selain belum di akui secara Internasional, ngara Belanda juga selalu mencoba untuk menggagalkan Indonesia mencetak uang sendiri.

Tak mudah bagi rakyat Indonesia mencetak uang sendiri, karena penjajahan selalu menjegal mereka dan selalu menggagalkan usaha mereka untuk mencetak uang.

Namun, para pejuang tak pernah berputus asa, oleh karena itu mereka lari membawa mesin pencetak uang negara Belanda dan bersembunyi di Yogyakarta.

Akhirnya, pada 30 Oktober 1946, uang rupiah republik Indonesia berhasil di luncurkan secara resmi oleh negara Indonesia, tepatnya di Selamba.

alat pencetak rupiah
Updated: Januari 13, 2017 — 8:30 pm
Terselubungi.Com © 2014