Terselubung

Blog Terselubung

Masjid ini Bahan Banggunannya dipikul Langsung Oleh Nabi Muhammad

quba

Terselubungi.com – Masjid menjadi tempat ibadah umat Muslim yang paling dimuliakan. Namun tahukah kamu ternyata ribuan masjid yang ada di dunia ini ternyata ada satu masjid yang bahan bangunannya dipikul langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Quba. Masjid Quba terletak di perkampungan Quba, kira-kira 3 kilometer dari arah selatan Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA).

Dalam kisahnya , awal pertama kali pembangunan Masjid Quba ini dikatakan jika batu batanya dipikul sendiri oleh Nabi Muhammad SAW. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 5.035 meter persegi. Masjid Quba dibangun pada hari Senin, 8 Rabiul Awal atau 23 September 622 Masehi.

loading...

Baca juga : Masjid Paling Sederhana Sedunia. Dibuat Hanya Dari Ranting Kayu

Masjid Quba ini menjadi Masjid paling indah di Madinah karena memiliki sebuah taman dan air mancur yang terletak di bagian depan masjid. Sementara di bagian belakang , terdapat pohon-pohon kurma yang rindang.

Masjid Quba ini juga menjadi masjid paling dikagumkan bagi umat muslim di dunia. Bahkan menjelang jemaah haji, Masjid Quba selalu menjadi tujuan wisata ziarah para jemaah haji sebagai ibadah umrah. Para pengunjung bisa melihat riwayat masjid Quba ini yang tertempel di dinding luar Masjid Quba.

Lantas bagaimana cerita masjid ini bahan bangunannya di pikul oleh Rasululah SAW ?

Awal ceritanya bermula ketika Nabi dalam perjalanan hijrah dari Mekah menuju Madinah. Dalam perjalanan hijrahnya Nabi yang tiba di perkampungan Quba singgah selama 4 hari bersama Bani Amru bin Auf di rumah Kalthum bin Al Hadm. Di hari pertama masa tinggalnya di perkampungan Quba, Nabi membangun masjid.

Seperti diriwayatkan As-Syimus binti An Nu’man, saat itu Nabi memikul batubata sendiri hingga bungkuk tubuhnya.

Tubuh Nabi saat itu sampai penuh debu dan pasir. Tapi Nabi tidak mau para sahabat mengambil beban yang dibawanya. Ia meminta para sahabat agar membawa bahan-bahan bangunan yang lain. Setelah membangun masjid, Nabi mengimami salat secara terbuka bersama para sahabat di Masjid Quba.

Semasa hidupnya, Nabi selalu pergi ke Masjid Quba setiap hari Sabtu, Senin dan Kamis. Setelah Nabi wafat, para sahabat selalu menziarahi masjid ini dan melakukan salat di dalamnya.

Lihat juga : Percaya Gak Kamu Masjid Unik Ini Bukan Manusia yang Membuatnya Tapi Jin

Wajib Baca: Pengakuan cewek yang ML sambil karaoke via Smule ini bikin kamu geleng-geleng kepala mendengar alasannya

Wow!! Ini dia Daftar Harga HP Android Termurah 2016. Yang Mau Beli HP Wajib Lihat

Updated: Juli 13, 2016 — 8:30 pm
Terselubungi.Com © 2014