Terselubung

Blog Terselubung

Luar Biasa, Seperti Ini Proses yang Terjadi Pada Tubuh Wanita Ketika Melahirkan

tubuh-wanita-menyesuaikan-diri-saat-melahirkan_20151010_202050

Terselubungi.com – Buat kamu calon ibu yang akan melahirkan seorang bayi ke dunia perlu tahu bukan semua tentang kehamilan agar lebih bisa menjaga dengan baik janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, kamu juga harus tahu donk bagaimana proses ketika wanita melahirkan. Kali ini kita akan membahas bagaimaa proses kelahiran seorang bayi dari dalam perut ibunya.

Melahirkan terjadi dalam dua tahapan. Tahapan pertama terjadi ketika  ibu hamil mulai mengalami kontraksi. Tahapan kedua terjadi ketika mendorong bayi hingga keluar ke dunia. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir Tribunnews.com.

loading...

1. Tahapan Pertama

Pada tahapan pertama ada dua fase yang akan dilewati yaitu fase pertama saat leher rahim menipis dan mulai terbuka. Selanjutnya kamu akan mengalami kontraksi ringan yang dirasakan selama  30 – 90 detik dan akan berulang setiap 5 menit sekali. Leher rahi akan terus membuka hingag akhirnya kamu akan menemukan sejumlah darah bercampur lendir keluar dari vagina kamu.

Fase awal ini akan berakhir ketiak leher rahim sudah membuka selebar 4 cm. Jika terjadi pada kehamilan pertama maka membutuhkan waktu yang cukup lama sekitar 6-12 jam.

Fase kedua pun terjadi pada saat leher rahim sudah membuka hingga 10 cm. Kontraksi yang dialami pun akan lebih parah dan lebih sering. Pada fase ini kamu akan merasa sangat tidak nyaman. Kamu akan mulai merasa kram kaki,  tekanan pada punggung, dan air ketuban  akan pecah.

Pada fase ini kamu akan merasakan sakit yang sangat parah  selama 4-8 jam jika ini merupakan kehamilan pertama kamu. Dan pada fase inilah saatnya kamu bergegas ke rumah sakit.

2. Tahapan Kedua

Tahapan kedua adalah tahapan mendorong bayi hingga keluar. Pada tahapan ini kamu akan mengerahkan seluruh tenaga untuk mendorong bayi hingga keluar. Kamu bisa bersabar agar tubuh menjadi lebih rileks dan tidak stres.

Setelah beberapa saat, akan terlihat tonjolan antara vagina dan  anus kamu. Tak lama kemudian,  kulit kepala bayi akan mulai terlihat. Pada saat ini keinginan untuk mendorong akan lebih kuat. Tekanan kepala bayi kamu pun akan terasa lebih kuat dan diiringi rasa terbakar yang sangat kuat diakibatkan meregangnya jaringan vagina dan anus.

Saat makin di dorong, kepala bayi akan mulai keluar dan berposisi menyamping karena bahunya mulai berputar untuk bersiap-siap menuju pintu kelahiran.  Jika sudah begitu maka dorongan dibutuhkan lagi untuk mengeluarkan bahunya.

Dan, selamat bayi kamu sudah lahir ke dunia. Mulut dan hidung si Kecil akan dibersihkan agar mudah bernapas. Si kecil yang berlumuran lendir dan darah akan dikeringkan oleh suster. Kamu pun sudah bisa melihatnya dan mencium bayi kamu.

Updated: Oktober 20, 2015 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014