Terselubung

Blog Terselubung

Ini Dia Menit Demi Menit yang Terjadi Pada Bayi Ketika Baru Dilahirkan Para Orang Tua Wajib Tahu Nih

images

Terselubungi.com – Bagi seorang wanita persalinan pertama merupakan salah satu moment paling mendebarkan dan menjadi suasana yang menengangkan. Seringkali wanita selalu terfokus pada rasa sakit yang amat sangat ketika persalinan itu terjadi. Namun saat persalinan itu usai , maka moment yang menegangkan tadi bisa berubah menjadi moment kebahagiaan. Apalagi jika melihat bayi yang dilahirkan dalam kondisi sehat.

Namun tahukah kamu ketika bayi yang baru dilahirkan itu dia tidak hanya terdiam di ranjang. Tetapi tubuh bayi yang barusaja dilahirkan itu mengalami sejumlah perubahan menit demi menit.

Bagi para ibu , ini salah satu hal terpenting yang wajib diketahui. Apalagi untuk memahami perilaku maupun aktivitas bayi yang baru lahir ini sangat sulit , maka ibu harus memiliki sejumlah bekal pengetahuan untuk merasakan perubahan tubuh pada buah hati yang baru dilahirkannya ini.

loading...

Dalam jurnal Acta Paediatrica mengungkapkan jika ada banyak hal yang terjadi pada bayi yang baru dilahirkan dihitung dari satu jam pertama usai dilahirkan.

Dan seperti yang dilansir dari Tribunnews.com, inilah dia menit demi menit yang terjadi pada bayi ketika baru dilahirkan.

enit kedua, bayi akan memasuki fase tenang selama sekitar satu menit. Biasanya bayi akan diam sambil memegang dada ibu mereka.

enit 2-5 bayi akan mulai bangun kembali dan akan mencoba membuka matanya untuk pertama kalinya. Pada fase ini, bayi juga mulai memelajari gerakan, seperti menggerakan kepala dan mulutnya.

enit ke-8 bayi semakin aktif. Mereka mulai lebih banyak membuka matanya selama sekitar lima menit. Mereka juga mulai merasakan ketertarikan pada makanan, melihat wajah ibunya dan payudara ibunya. Mereka juga akan mempelajari rasa air susu ibunya dan mulai menggerakan tangannya ke arah mulut mereka.

enit ke-18 bayi beristirahat dan bersiap memulai gerakan aktifnya.

enit ke-36, mereka akan menendang dan mulai bergerak mendekati payudara ibunya. Ini mereka lakukan dengan mengandalkan indera penciuman mereka.

enit ke 62, bayi mendapatkan sejumlah kecil kolostrum, yang merupakan zat sebelum air susu yang terdiri atas protein dan molekul kekebalan tubuh. Aktivitas pemberian ASI setelah kelahiran ini akan merangsang payudara untuk memproduksi air susu dan juga membantuk kontraksi rahim ibu untuk bisa kembali ke ukuran semula sebelum hamil.

ada menit ke-70, bayi akan benar-benar beristirahat dan tertidur.

Diketahui juga jika satu jam pertama paska kelahirannya bayi ini adalah kondisi berhasilnya bayi untuk menempelkan dagu bagian bawahnya ke payudara ibu mereka.

Nah, menarik bukan ? apalah para ibu sudah menyadari fase – fase bayi sejak pertama kali kelahirannya ?

Updated: Desember 7, 2015 — 10:56 pm
Terselubungi.Com © 2014