Terselubung

Blog Terselubung

Ini Dia Masjid yang Memiliki Dua Arah Kiblat, Kamu Mau Tahu Seperti apa?

jangan-terkejut-cuma-di-masjid-ini-ada--6c800a

Terselubungi.com – Tahukah kamu bahwa didunia ini ada masjid yang memiliki dua arah kiblat. Hah .. !! Jangan terkejut, itu memang benar bahwa ada masjid yang memiliki dua arah kiblat.

Hal ini dikarenakan dahulu kala sebelum arah kiblat ditetapkan menghadap ke Ka’bah, terlebih dahulu kiblat itu mengarah ke Baitul Maqdis (Masjidil Aqsa) yang terletak di Al Quds (Yerussalem)?

Yups, Yerussalem yang juga menjadi kota suci agama Kristen dan Yahudi ini adalah tempat suci ketiga bagi umat Islam setelah Mekkah dan Madinah. Baitul Maqdis ini ditetapkan sebagai arah kiblat oleh Nabi dari Bani Israil untuk sebagian.

loading...

hqceuqnd

Namun, saat itu Nabi Muhammad SAW lebih suka sholat menuju arah kiblat Nabi Ibrahim yaitu Ka’bah. Hal itu membuat Rasulullah sering sholat diantara sudut Ka’bah sehingga Ka’bah berada diantara beliau dan Baitul Maqdis.

Setelah selama 18 bulan pembentukan negara islam di Madinah Rasullulah yang selalu menengadahkan kepalanya ke langit agar wahyu penetapan Ka’bah sebagai kiblat salat turun pun diwujudkan oleh Allah SWT lewat Surat Al-Baqarah ayat 144.

Peristiwa penting itu terjadi pada bulan Sya’ban, tahun ke-2 Hijriyah di masjid Bani Salamah.  Masjid ini pun dikenal sebagai nama masjid Qiblatain (masjid dengan dua kiblat). Nama itu diambil sebab Qiblatain ada dua mihrab yang mengarah ke Masjidil Aqsa dan Ka’bah.

Updated: Juli 5, 2015 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014