Terselubung

Blog Terselubung

Hanya Karena Bikin Status di Facebook Wanita ini Dipenjara 9 Tahun

terulang-kembali-wanita-bikin-status-facebook-dipenjara-9-tahun

Terselubungi.com – Seorang wanita bernama Chayapa Shokpornbudsri (49) asal Thailand itu harus menghabiskan waktu sembilan tahun di penjara hanya karena bikin status di akun Facebooknya yang dinilai aparat menghina sang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej.

Hukuman penjara 9 tahun itu ditetapkan langsung oleh jaksa itu pun berkurang setelah dirinya mengakui kesalahannya.

“Dalam unggahan Facebook miliknya terbukti dia bersalah dengan menghina kerajaan, mengancam keamanan negara dan pelanggaran berbasis teknologi,” kata juru bicara pengadilan seperti yang dilansir dari Merdeka.com (18/12).

loading...

Dalam sidang yang berlangsung pada saat itu, pembacaan putusan diketahui bersifat rahasia dan tanpa didampingi sang pengacara Chayapa, Khumklao Songsomboon, dari Asosiasi Pengacara HAM Thailand .

Khumklao mengatakan bila kliennya tidak diinformasikan terkait putusan.

“Chayapa menangis ketika dia mendapat telepon kemarin, saya juga hanya mengetahui putusan setelah hal itu dijatuhkan. Saya tidak mengerti mengapa pengadilan tidak memberi tahukan saya terhadap hal itu, apa tujuan mereka, ini sangat mencederai HAM klien saya,” ungkap Khumklao.

Kasus -kasus sosial media seperti ini bukanlah kalipertama , sebelumnya juga ada seorang pria pengguna Facebook hrus dipenjara akibat hanya memberikan ‘jempol’ di akun Facebook pada gambar photoshop sang raja.

Sejak berkuasanya junta militer Thailand, undang-undang ‘Lese-mejeste’ (penghinaan terhadap kerajaan) diberlakukan dengan ketat.

Updated: Desember 24, 2015 — 10:56 pm
Terselubungi.Com © 2014