Terselubung

Blog Terselubung

Gejala dan Pengobatan Radang Usus Buntu

Usus buntu atau sekum adalah sebuah organ yang berbentuk kantung dan bersambung dengan usus penyerapan, kolon dan juga usus besar. Dinamakan usus buntu karena organ ini terlihat seperti tidak memiliki hubungan dengan bagian usus lain atau buntu.

Pada awalnya usus buntu ini dianggap sebagai organ yang tidak berguna, sehingga tidak ada masalah jika organ ini dihilangkan. Tapi kemudian, ditemukan bahwa organ ini ternyata salah satu organ yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang. Orang ini memiliki peran aktif dalam sekresi immunoglobulin, yaitu salah satu zat yang berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh seseorang, karena di dalam usus buntu terdapat kelenjar limfoid. Jadi bisa dibilang bahwa, usus buntu adalah tempat bagi bakteri baik yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah untuk terkena penyakit. Oleh karena itu, agan harus selalu menjaga kesehatan usus buntu agar tubuh Anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit.

Salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang usus buntu adalah radang usus buntu. Penyakit ini terjadi karena infeksi yang kemudian menyebabkan pembengkaka cabang kelenjar getah bening pada usus ataupun adanya benda yang terlalu keras pada tinja sehingga menyebabkan penyumbatan pada usus buntu. Selain itu, perkembangan kuman dalam usus buntu juga bisa menyebabkan pembengkakan pada usus buntu. Penyakit usus buntu ini harus segera diobati untuk mencegah agar usus buntu tida pecah sehingga menyebabkan peradangan di luar usus atau bahkan nanah. Selain itu, jika benda yang berasal dari usus buntu masuk ke dalam rongga perut, maka hal tersebut akan menyebabkan terjadinya peradanga yang serius atau peritonitis. Namun yang terjadi adalah, banyak yang sering mengabaikan gejala usus buntu hingga kemudian penyakit ini menjadi lebih parah.

loading...
  • Gejala Penyakit Usus Buntu

Adapun gejala dari penyakit usus buntu adalah perut terasa sakit, terutama pada bagian pusar dan bagian samping kanan bawah perut, perut mengalami kram, perut membengkak, penurunan nafsu makan, merasa mual bahka muntah, mengalami sembelit, sering buang angin, diare dan demam.

  • Pengobatan Penyakit Usus Buntu

Satu-satunya cara mengatasi penyakit usus buntu adalah dengan melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

contoh penyakit usus besar
Updated: September 25, 2016 — 12:30 pm
Terselubungi.Com © 2014