Terselubung

Blog Terselubung

Aneh, Ginjal Orang Ini Besarnya Sama Seperti Bayi yang Baru Dilahirkan

ginjal-raksasa-yang-diangkat-dari-perut-pasien-di-india_20150423_141426

Terselubungi.com – Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga. Organ tubuh ini bisa mengalami kerusakan jika pemiliknya tidak menjaganya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi.

Seperti yang dialami oleh seorang pasien di Rumah Sakit Sir Ganga Ram, di New Delhi. Pasien ini mengalami kerusakan ginjal hingga akhirnya ginjalnya tersebut harus di angkat. Namun, apa yang terjadi setelah ginjal tersebut diangkat ? Dokter menemukan ginjal pasien yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut seberat 2,76 kilogram di mana berat tersebut hampir sama dengan berat bayi yang baru dilahirkan.

Penyakit ginjal yang sangat aneh tersebut diketahui ketika pasien sering mengeluh sakit pada perutnya hingga akhirnya ia memutuskan untuk memeriksakannya ke dokter. Alhasil dokter pun menemukan penyakit aneh dari pasiennya yang berusia 45 tahun itu.

loading...

Konsultan dan Ahli Bedah Urologi di rumah sakit itu, Dr Manu Gupta, mengatakan bahwa operasi yang dilakukan adalah operasi darurat dan membutuhkan waktu selama tiga jam untuk mengangkat ginjal ukuran yang luar biasa tersebut.

“Itu bahkan lebih rumit karena ginjal terjebak ke usus di sekitarnya,” ujarnya, seperti dilansir Tribunnews.com.

Ternyata pria ini menderita penyakit ginjal autosomal dominan polikistik, sejak tahun 2014. Setelah ginjal pertama diangkat kemudian ginjal kedua diangkat dan memiliki berat 2,5 kilogram. Pria ini setiap harinya  membawa ginjal yang beratya mencapai 5 kilogram didalam tubuhnya.

Saat ini pria tersebut sedang menunggu proses transplantasi ginjal, dan menunggu apakah tubuhnya dapat menerima ginjal baru atau tidak.

“Hidupnya kini akan tergantung pada seberapa baik tubuhnya menerima ginjal baru,” lanjut Dr Vinant Bhargav.

Penyakit aneh yang dialami oleh pria ini ternyata belum bisa memecahkan rekor dunia yang sudah mendapat rekor dunia berupa memiliki ginjal terberat di dunia.

Updated: April 28, 2015 — 12:00 am
Terselubungi.Com © 2014