Terselubung

Blog Terselubung

7 Penelitian Paling Mahal Biayanya Melebihi APBN Indonesia

iss-rev2

Terselubungi.com – Untuk menciptakan sebuah benda atau alat canggih yang bersifat sains, biasanya para penemu akan melakukan penelitian yang membutuhkan banyak dana. Dana penelitian ini biasanya bisa mencapai triliunan rupiah, bahkan ada juga yang tercatat biayanya melebihi pendapatan Indonesia dan mendekati biaya APBN Indonesia.

Nah, mau tau penelitian apa saja yang memerlukan biaya sangat mahal ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir Merdeka.com.

1. Watson

loading...

watson-rev2

Watson telah berhasil menciptakan sebuah komputer terbesar di dunia yang membutuhkan banyak biaya. Komputer yang disebut IBM ini dibuat oleh Watson dengan total biaya sebesar Rp 23 triliun. Komputer ini dikatakan bisa mendiagnosa berbagai penyakit yang manusia derita. Namun, sayangnya komputer Watson ini dijual dnegan harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp 39 miliar.

2. Konduktor raksasa Super Collider

konduktor-raksasa-super-collider-rev2

Pemerintah Amerika Serikat menciptakan sebuah konduktor raksasa untuk menemukan partikel Tuhan. Untuk membuat Konduktor Raksasa Super Collider ini membutuhkan biaya sebesar Rp 26 triliun. namuan sayangnya pembuatan konduktor ini diberhentikan karena dirasa biayanya sudah terlalu mahal dan belum bisa menemukan partikel Tuhan.

3. International Fusion Experiment 

international-fusion-experiment-rev2

International Fusion Experiment (IFE) diciptakan oleh pemerinta dunia untuk menghasilkan energi listrik ramah lingkungan dengan kapasitas besar. Pemerintah Amerika, Uni Eropa, China, India, Jepang, Rusia dan Korea Selatan melakukan patungan untuk biaya awalnya sebesar Rp 31 triliun. Kemudian biaya akhir dari penelitian ini semakin besar yaitu sekitar Rp 166 triliun, dengan harapan alat ini bisa melipatgandakan enegi 50 megawatt menjadi 500 megawatt, jika selesai di tahun 2020 nanti.

4. Curiosity’

curiosity-rev2

Penelitian planet Mars dengan menggunakan Robot penjelajah Mars yang mendarat di Mars tahun 2012  ternyata memakan biaya yang sangta besar. Untuk penelitian ini saja, Amerika Serikat sudah mengeluarkan biaya sebesar Rp 32,4 triliun.

5. Penelitian kanker

penelitian-kanker-rev2

Penyakit kanker merupakan penyakit membunuh nomor satu di dunia, sehingga banyak sekali yang ingin menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Salah satunya dengan melakukan penelitian terhadap obat kanker dan penanganan  semua jenis kanker. Penelitian ini membutuhkan banyak uang yaitu sekitar Rp 63,5 triliun.

6. Large Hadron Collider

large-hadron-collider-rev2

Large Hadron Collider merupakan konduktor raksasa yang berhasil dibangun oleh manusia. Konduktor raksasa ini bertujuan untuk menemukan partikel awal yang ada di setiap benda atau partikel Tuhan. Untuk pembuatan konduktor raksasa ini ternyat membutuhkan biaya yang sangat mahal yaitu sekitar Rp 129 triliun.

7. ISS

iss-rev2

ISS (International Space Station) merupakan penelitian terbesar dan termahal di dunia. Pembangunan ISS ini yang dimulai sejak tahun 1998  hingga 2000 ini sudah memakan biaya sekitar Rp 1949 triliun. Biaya ini sudah mendekati APBN Indonesia di tahun 2015 yaitu sekitar Rp 2000 triliun.

Nah, ituah dia ke tujuh penemuan paling mahal di dunia.

Updated: Maret 28, 2015 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014