Terselubung

Blog Terselubung

7 Kode Rahasia Yang Hanya di Ketahui Artinya Oleh Pilot dan Pramugari

kode-pramugari

Terselubungi.com – Bagi kamu yang sering memasuki pesawat, pernah nggak sih mendengar perbincangan antara pilot dan pramugari? Perbincangan itu ternyata adalah kode rahasia antara pilot dan pramugari lho.

Seperti yang dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/1), berikut ini adalah 7 kode rahasia yang hanya diketahui oleh pilot dan pramugari.

1.Deplane

Deplane merupakan kode kepada pramugari untuk bisa turun dari pesawat bersama dengan penumpang.

2.Turn

Turn adalah kode pendaratan pesawat di sebuah negara dalam waktu singkat kemudian akan kembali di udara. Kode ini tidak mengizinkan pramugari turun dari pesawat.

3.Tangging

Tangging merupakan kode peringatan pesawat untuk menuju ke sebuah negara yang akan mengalami cuaca dingin atau bersalju.

4.Red eye

Red eye atau mata merah merupakan kode yang akan digunakan saat penerbangan pesawat memakan waktu lama. Dan biasanya kode ini akan digunakan saat penerbangan lintas negara.

5.Victory lap

Vicory lap adalah kode penerbangan pesawat akan kembali ke bandara asal setelah melakukan penerbangan ke berbagai rute yang berbeda. Saat itu, pesawat biasanya akan melakukan pengisian bahan bakar serta perawatan sampai kembali melakukan penerbangan selanjutnya.

“Kalau dapat pemberitahuan victory lap itu sedikit agak lega sebab itu berarti kami bakalan dapat jeda beberapa saat setelah penerbangan panjang,” kata Lita (27), salah satu pramugari Sriwijaya Air.

6.Pink eye

Pink eye atau mata merah muda merupakan kode untuk memberitahukan bahwa mereka akan melalui penerbangan yang singkat dengan jarak tempuh selama 1 jam.

7.Senior mama

Senior mama adalah kode untuk memberikan pelayanan khusus terhadap penumpang yang sudah lanjut usia.

“Untuk penerbangan lintas negara dengan waktu penerbangan yang cukup lama, senior mama biasanya kami hitung jumlahnya dan memberikan pelayanan tersendiri,” kata Desti (28), mantan pramugari Lion Air.

.
Updated: Januari 26, 2016 — 6:56 am
Terselubungi.Com © 2014