Terselubung

Blog Terselubung

5 Senjata Sangat Canggih yang Saat ini Dimiliki Marinir TNI AL

deretan-senjata-canggih-andalan-marinir-tni-al

Terselubungi.com – Baru saja Korps Marinir TNI Angkatan Laut merayakan hari jadinya ke-70. Korps Marinir Angkatan Laut ini merupakan salah satu pasukan elit TNI AL  yang memiliki dua pasukan khusus yaitu Batalyon Intai Tempur (Tontaipur) serta Detasemen Jala Mangkara (Denjaka).

Korps Marinir TNI AL ini memiliki ribuan pasukan  yang sudah sering sekali bertempur melawan musuh. Setelah mendapat pengakuan Belanda, pasukan ini memperkuat diri dengan perlengkapan-perlengkapan baru dan modern dibandingkan angkatan lainnya.

Nah, berikut ini ada lima senjata sangat canggih yang dimiliki oleh Marinir TNI AL. Seperti dilansir Merdeka.com, inilah dia ke lima senjata canggihnya.

loading...

1. RM 70 Grad1

RM 70 Grad berjenis self propelled MLRS berkaliber 122 mm dengan 40 peluncur roket untuk setiap unitnya. Kendaraan tempur (ranpur) ini menjadi alutsista self propelled pertama di lingkungan TNI berpenggerak 88.

Kendaraan ini juga terpasang peluncur tipe 9P-152 dengan berat sekitar 23 kg dan panjang 3 meter. Satu kendaraan terpasang 10 peluncur dengan jarak 1,45 meter. Yang lebih unggulnya lagi peluncur roket bisa diputar hingga sudut 70 derajat (kanan) dan 102 derajat (kiri).

2. GIAT LG-1

2

GIAT LG-1 ini sudah digunakan sejak tahun 1994. Saat ini senjata ini diletakan di Batalyon Howitzer 1Resimen Artileri 1 ( Surabaya) dan Batalyon Howitzer 2Resimen Artileri 2 (Cilandak). LG-1 MK II dibangun dari komponen laras sepanjang 3,17 meter seberat 100 kg. Senjata ini mampu menembakkan 12 butir peluru setiap menitnya dengan jarak maksimal 19,5 kilometer, dan minimal 1,4 km.

3. LVT-7

3

Tank amfibi LVT-7 (Landing Vehicle Track Personel) merupakan hasil modifikasi dari jenis LVT yang memiliki julukan Alligator. Tank buatan Amerika Serikat ini merupakan hibah dari Korea Selatan kepada Korps Marinir TNI AL . Aksi tank ini berhasil memberikan ketegangan masyarakat. Tank ini bisa melompat ke laut tanpa tenggelam sedikit pun.

4. BMP-3F

4

BMP-3F merupakan tank angkut personel yang kelanjutan dari generasi BMP-2. Meskipun hanya ad 17 unit, namun tank ini merupakan jenis yang paling modern dan tercanggih yang dimiliki Indonesia. BMP-3F memiliki berbobot kurang lebih 18,7 ton, panjang 8 meter, lebar 3,5 meter dan tinggi 2,5 meter, kapasitas awak 3 orang serta 7 personel pasukan bersenjata lengkap.

5. BTR-80Abtr-80a

BTR-8oA telah beroperasi di Korps Marinir TNI AL sejak 15 November 2002. Saat ini ada 24 unit yang dimiliki Indonesia. Salah satu senjata andalannya adalah mitraliur 2A72 co axial berkaliber 30 mm dengan daya tembak 330 butir peluru per menit.Panser ini juga bisa melindungi awak dan pasukannya dari senjata nuklir, biologi maupun kimia.

Nah, itulah dia ke lima senjata sangat canggih yang dimiliki oleh Marinir TNI AL Indonesia.

senjata denjaka senjata marinir senjata marinir indonesia senjata marinir tni al tank tni al alutsista marinir senjata baru denjaka tank marinir artileri tni al senjata terbaru marinir indonesia
Updated: November 21, 2015 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014