Terselubung

Blog Terselubung

5 Penyakit Langka ini Terjadi Gara-Gara Gigitan Nyamuk

gh

Terselubungi.com – Sejak dulu hingga sekarang tahu betul jika nyamuk adalah salah satu penyebab dari beberapa penyakit berbahaya seperti demam berdarah, malaria dan sebagainya.

Hewan kecil ini mampu menularkan penyakit baik kepada manusia maupun kepada hewan-hewan lainnya. Gigitan nyamuk dipercaya sangat berbahaya, karena nyamuk membawa virus yang bisa tertular kepada manusia dan hewan lainnya.

Selain penyakit-penyakit diatas yang diketahui disebabkan oleh nyamuk, ternyata ada penyakit lainnya yang juga disebabkan oleh gigitan nyamuk. Diantaranya seperti ke lima penyakit langka ini yang terjadi gara-gara gigitan nyamuk.

loading...

Penyakit langka apa saja yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.

1. Chikungunya

Chikungunya adalah virus yang disebabkan oleh gigitan nyamuk jenis nyamuk Macan Asia (Aedes albopictus) dan Yellow Fever Mosquito (Aedes aegypti). Virus ini banyak tersebar di Karibia, dan sudah terjadi 350 ribu kasus ditemukan sejak Desember 2013.

Gejala pertama yang akan dirasakan oleh orang yang terkena virus ini adalah rasa nyeri yang menyiksa persendian, biasanya akan bertahan selama dua minggu. Tidak ada vaksin atau pengobatan lainnya untuk menghilangkan rasa sakit tersebut.

2. Eastern Equine Encephalitis (EEE)

Virus Eastern Equine Encephalitis (EEE) menyebar ke kuda dan manusia lewat gigitan nyamuk yang terinfeksi. Virus ini banyak ditemukan di rawa pada air tawar di bagian Atlantik dan Gulf Coast negara bagian di bagian timur Amerika Utara, Amerika Tengah dan Selatan, dan Karibia.

Gejala dari terkena virus ini hampir sama dengan gejala flu ringan yaitu emam mendadak, sakit kepala ringan yang diikuti dengan kejang dan kondisi koma. Separuh korban yang terkena virus ini mengalami kematian, dan yang lainnya masih bisa bertahan hidup namun mengalami kerusakan otak permanen dan memerlukan perawatan seumur hidup.  Sebab, virus ini dapat mempengaruhi sistem saraf pusat .

3. Malaria

Sejak dulu malaria menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan, sebab  penyakit yang ditularkan lewat gigitan nyamuk ini dapat membunuh satu anak setiap 40 detik. Setiap tahunnya, lebih dari satu juta kematian yang dilaporkan akibat penyakit malaria ini.

4. Dengue

Selanjutnya ada penyakit Dengue atau demam berdarah. Penyakit demam berdarah ini juga disebut sebagai penyakit paling mematikan, sebab sudah banyak kasus kematian yang disebabkan oleh demam berdarah. Nyamuk berjenis Aedes aegypti dan Ae adalah penyebab dari penyakit tersebut.

5. St Louis Encephalitis (SLE)

St Louis Encephalitis (SLE) adalah jenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi  yang ditularkan ke mamalia, unggas dan juga manusia. Gejala terkena virus ini hampir mirip dengan EEE, dan lebih sering menyerang orang-orang yang sudah tua dibandingkan orang yang masih berusia 20 tahunan.

Itulah dia ke lima penyakit langka yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Updated: Februari 11, 2016 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014