Terselubung

Blog Terselubung

5 Mitos Terbaru Yang Salah Seputar Tidur

tdur

Terselubungi.com – Tidur merupakan salah satu aktivitas manusia yang sangat diperlukan manusia untuk beristirahat. Itulah kenapa jika setiap orang selalu berusaha untuk bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup agar tidur lebih berkualitas. Namun, seringkali orang tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang berkualitas akibat mitos terbaru yang salah seputar tidur.

Mitos – mitos ini seputar tidur yang salah ini jelas sangat menyimpang dengan kenyataannya. Seperti yang dilansir dari merdeka.com, inilah dia 5 mitos terbaru yang salah seputar tidur.

1. “Terbangun di malam hari bisa menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan keesokan harinya.”

loading...

Saat ini ada mitos terbaru seputar tidur yang mengatakan jika terbangun di malam hari bisa menyebabkan rasa lelah yang berkepanjangan keesokan harinya.Namun mitos ini belum tentu benar. Sebab, kenyataannya ada sebuah penelitian yang mengungkap bahwa pengaruh lingkungan juga bisa mempengaruhi waktu tidur dengan kebiasaan tidur selama beberapa jam, kemudian terbangun dan tidur lagi di malam hari ini membuat kualitas tidur mereka tercukupi dan baik.

2. “Menonton televisi bisa membantu tidur cepat dan pulas.”

Mitos terbaru yang salah saputar tidur yakni menonton televisi bisa membantu tidur cepat dan pulas. Padahal kenyataannya menonton Tv sebelum tidur ini bisa membuat kualitas tidur terganggu akibat  paparan lampu yang mengurangi produksi melatonin dalam tubuh yang membuat orang lebih susah untuk tidur.

3. “Alkohol bisa membantu tidur nyenyak.”

Mitos seputar tidur seperti alkohol bisa membantu tidur nyenyak ini juga merupakan mitos tidur yang salah. Sebab, walaupun alkohol memiliki efek sedatif alami namun mengonsumsi alkohol sebelum tidur ini membuat kualitas tidur menjadi tidak baik akibat dan membuat orang lebih mudah terbangun sehingga sulit untuk tidur nyenyak.

4. “Menghitung domba bisa membantu cepat tidur.”

Mitos yang mengatakan jika menghitung domba bisa membantu cepat tidur . Mitos ini bisa saja dibenarkan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Oxford University menyimpulkan bahwa menghitung domba terlalu membosankan untuk membuat orang cepat tidur 20 menit lebih awal.

5. “Orang bisa berlatih untuk tidur lebih sedikit.

Ada juga mitos yang mengatakan jika orang bisa berlatih untuk tidur lebih sedikit. Mitos ini tentu saja salah, sebab manusia tak bisa memanipulasi kebutuhan tidur. Sebab, jika seseorang melatih dirinya untuk tidur lebih sedikit malah akan dapat membuat kesehatannya buruk dan orang yang kurang tidur memiliki kemampuan kognitif yang buruk.

Nah, itulah dia kelima mitos terbaru yang salah seputar tidur.

Updated: Juni 28, 2017 — 8:30 pm
Terselubungi.Com © 2014