Terselubung

Blog Terselubung

5 Kekuatan TNI di Natuna Yang Siap Menghajar China

tambah-1-batalion-infantri-dari-bukit-barisan-rev1

Dikabarkan juga jika negara Indonesia sejauh ini belum bersengketa langsung dengan RRC. Sebelum isu peta China dengan sembilan garis titik-titik menyinggung Natuna pada 2009, Vietnam dan Filipina lah yang sering perang urat saraf dengan Negeri Tirai Bambu.

Dan untuk lebih mengetahui bagaimana kekuatan TNI Natuna yang siap menghajar negara China ini. Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya.

1. Bangun Pangkalan Sukhoi SU-27

Salah satu kekuatan TNI di Natuna yang siap menghajar China yakni jika Komandan Pangkalan Udara Ranai Letkol Andry Gandi akan  membangun pangkalan Sukhoi SU-27 di dekat Bandar Udara Ranai . Kabarnya pangkalan ini akan memiliki landasan pacu 2,5 kilometer. Landasan ini Sukhoi Su-30 juga dirancang bisa mendarat di Ranai untuk operasi militer sewaktu-waktu sehingga Sukhoi Su-27 bisa bersiaga di Natuna.

2. Siagan 4 Helikopter AH-64E Apache

Kekuatan TNI di Natuna yang siap mengahajar China yakni dengan menyiapkan kekuatan udara yang dikabarkan jika TNI Angkatan Darat pada 2014 secara resmi menyiagakan empat unit helikopter serang AH-64E Apache buatan Amerika Serikat yang dikhususkan untuk melindungi Natuna.

3. Tambah 1 Batalion Infranti dari Bukit Barisan

Kekuatan TNI di Natuna yang siap menghajar China itu juga dengan menambah 1 batalion infranti dari bukit barisan untuk mengamankan pulau Natuna. Hal ini dilakukan karena kondisi disana memiliki penjagaan yang sangat ketat. Bahkan dikatakan jika stiap pengunjung yang tiba di Bandara Ranai diperiksa identitas dan keperluan lawatannya , hal ini menjadi bukti memang penjagaan disana berlangsung sangat ketat.

4. Patroli Skuadron Jet Pekanbaru

Patroli Skuadron Jet Pekanbaru ini juga termasuk kekauatan Natuna yang siap menghajar China. Kekuatan ini adalah kekuatan udara nyata di Natuna datang dari Skuadron 16 Pekanbaru, Riau. Disana akan terdapat jet F-16 setara Block 52 dijadwalkan untuk melakukan patroli di sekitar wilayah Natuna dan Anambas.

5. Puluhan Kapal dari Armabar TNI AL

Serangan Natuna ke China ini juga terkait dengan patroli kapal yang kabarnya kekuatan dari Natuna ini akan ada puluhan kapal dari Armabar TNI AL untuk bisa digunakan untuk bertempur atau mengamankan wilayah. Ditambah lagi jika kondisi disana begitu di jaga ketat hingga diketahui bila kapal – kapal siap tempur itu diantaranya adalah KRI Slamet Riyadi 352, KRI Kobra dan KRI Anakonda.

Nah, itulah dia kelima kekuatan TNI Natuna yang siap mengahajar China.

.
Updated: April 1, 2015 — 3:25 am
Terselubungi.Com © 2014