Terselubung

Blog Terselubung

5 Hal yang tidak Kamu Ketahui Kenapa Dolar Zimbabwe Sangat Tidak Berharga

35000-triliun-dolar-zimbabwe-setara-usd-1

Dan yang perlu kamu ketahui , jika mata uang Zimbabwe saat ini berada di posisi mata uang terburuk di dunia. Di balik tidak berlakunya mata uang Zimbabwe ini ada sejumlah hal yang tidak kamu ketahui kenapa mata uang Zimbabwe sangat tidak berharga.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia ulasannya . Yuk, simak bersama !

1. 35.000 triliun dolar Zimbabwe setara USD 1

loading...

Salah satu hal yang tidak kamu ketahui kenapa mata uang dollar Zimbabwe ini tidak berharga juga disebabkan akibat tingginya inflasi dan buruknya krisis di 2008 . Saat menanggulangi buruknya krisis perekonomian tersebut pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan dengan terus mencetak uang sampai 35 kuadriliun (35.000.000.000.000.000) dolar Zimbabwe atau bisa dibaca dengan 35.000 triliun dolar Zimbabwe hanya setara dengan USD 1 (satu dolar Amerika). Dan semenjak Presiden Robert Mugabe mengeluarkan kebijakan radikal soal distribusi lahan pada akhir 1990-an dan awal 2000-an itu membuat nilai mata uang Zimbabwe menjadi tidak laku karena terjadinya inflasi terus menerus .

2. 100 Miliar Dollar Zimbabwe cuma bisa beli 3 butir telur

Jika kita membayangkan memiliki uang dengan jumlah triliunan ini bisa dibelikan sejumlah mobil mewah namun tidak untuk mata uang Zimbabwe. Diketahui bila 100 miliar dollar Zimbabwe ini hanya bisa dibelikan 3 butir telur saja. Hal ini terjadi ketika nilai mata uang dolar Zimbabwe hancur berantakan setelah negara tersebut dilanda krisis ekonomi dan hiperinflasi pada 2008 dan 2009 silam dan sejak itulah membuat mata uang Zimbabwe tidak berharga sama sekali.

3. 100 Triliun Dollar Zimbabwe tak Cukup Bayar Ongkos

Mungkin jika selama ini impian kita menjadi uang kaya yakni bisa memiliki uang 100 triliun. Namun 100 triliun mata uang Zimbabwe ini benar – bnar tidak berharga bahkan untuk bayar ongkos busa dalam satu pekan saja bisa dibilang tidak cukup. Benar – benar nilai mata uang Zimbabwe ini sudah tidak berharga lagi .

4. Cetak Lembaran Uang 100 100 Triliun Dolar Zimbabwe

Sejak bank sentral terus menerus mencetak uang uang kertas pecahan 100 triliun dolar Zimbabwe pada 2009 ini menjadi awal nilai mata uang Zimbabwe tidak berharga akibat mengalami hiperinflasi. Lembaran uang yang berhasil dicetak hingga triliunan itu tidak memiliki makna apapun karena nilai mata uang Zimbabwe hancur berantakan.

5. Peredaran Dollar Zimbabwe ditarik

Nilai tukar dolar Zimbabwe yang dinyatakan sudah tidak berharga itu membuat peredaran Dollar Zimbabwe pun ditarik dan diberhentikan. Pemerintah meminta kepada masyarakat agar menukarkan dolar Zimbabwe ke dolar Amerika (USD). Dan sejak itulah , pemerintah Zimbabwe menghimbau kepada seluruh warga jika uang tunai atau deposito di bank itu harus ditukar dalam bentuk  dolar Amerika (USD) . Bila ditukarkan ,  USD 1 sama dengan 35 kuadriliun atau 35.000 triliun dolar Zimbabwe. Dan setiap 100 triliun dolar Zimbabwe yang dimiliki akan ditukar dengan 40 sen dolar Amerika.

Nah, itulah dia kelima hal yang tidak kamu ketahui kenapa Dollar Zimbabwe sangat tidak berharga.

Updated: Juni 19, 2015 — 2:57 pm
Terselubungi.Com © 2014