Terselubung

Blog Terselubung

5 Hal Yang Perlu Kamu Waspadai Ketika Jalan di Tol Cipali

085771300_1433488850-Tol2

Terselubungi.com – Jalan tol merupakan jalan yang sedikit rawan untuk dilewati, sebab sudah banyak kecelakaan yang terjadi di jalan tol yang memakan  banyak korban jiwa.

Seperti jalan tol di Cipali yang, sudah sangat sering terjadi kecelakaan. Jalan tol terpanjang di Indonesia ini yang memiliki panjang sekitar 116,7 kilometer tersebut, terhitung sudah terjadi 30 kecelakaan mobil.

Namun, meskipun begitu jalan tol ini menjadi jalan yang sering dilewati oleh orang-orang yang pergi mudik lebaran. Untuk itu, pengguna jalan perlu waspada ketika melewati jalan to Cipali.

loading...

Nah, berikut ini ada lima hal yang perlu kamu waspadai ketika melewati jalan tol  Cipali. Mau tau apa saja ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Liputan6.com.

1. Jalanan lurus dan mulus, jaga kecepatan

Kondisi jalan yang lurus dan mulus membuat para pengguna jalan menambah kecepataannya berkendaraan untuk mempersingkat waktu tempuh jarak perjalanan. Biasanya para pengendara motor menaikan kecepatannya hingga 80km/jam.

Hal ini sangat bahya jika para pengguna jalan tidak berhati-hati saat berkendaraan.

2. Angin samping, muatan jangan melebihi kapasitas

Angin samping itu tidak terlihat sehingga para pengguna mobil harus memperhatikan berat beban yang dibawa oleh mobilnya. Jangan sampai mobil membawa beban yang melebihi kapasitasnya.

Ban juga merupakan  satu-satunya komponen pada kendaraan yang bersentuhan langsung  dengan permukaan jalan, sehingga sangat penting untuk diperhatikan.

3. Waspadai hewan liar

Sebuah kecelakaan terjadi di sekitar kawasan Subang, Jawa Barat. Saat itu pengemudi tengah melaju, dan secara tiba-tiba ada babi hutan yang melintas, pengemudi itu langsung  mencoba untuk menghindari babi hutan itu, dan akhirnya merusak kendaraannya. Namun untunglah tidak ada korban jiwa saat itu.

4. Minim penerangan jalan dan rambu-rambu

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan jika jalan tol Cipali sangat minim penerangan jalan dan rambu-rambu.

“Selain soal rambu, yang jadi catatan adalah jumlah JPU yang masih terbatas. Sehingga wajar banyak terjadi kecelakaan. Fasilitas-fasilitas pendukung sangat dibutuhkan pengguna tol demi meminimalisir kecelakaan. Beberapa rambu perlu ditambah, PJU-nya juga,” ujar Dedi.

5. Kondisi fisik pengendara

Soal konisi fisik pengendara juga perlu diperhatikan. Korban juga harus memiliki kondisi fisik yang kuat sehingga saat diperjalanan tidak merasa lelah atau mengantuk yang bisa menjadi faktor kecelakaan.

Nah, itulah dia ke lima hal yang harus di waspadai saat melewati jalan tol cipali.

Updated: Juli 10, 2015 — 2:56 pm
Terselubungi.Com © 2014