Terselubung

Blog Terselubung

5 Hal Yang Bisa Bikin Puasa Kamu Batal yang Mungkin Banyak Orang Gak Tahu

images

Terselubungi.com – Saat bulan ramadhan semua umat muslim didunia diwajibkan untuk berpuasa. Saat berpuasa ada banyak hal yang dapat membatalkan puasa seorang muslim, salah satunya yaitu makan dan minum dengan sengaja.

Selain itu masih banyak hal yang dapat membatalkan puasa yang mungkin selama ini banyak orang yang tidak mengetahuinya.

Nah, berikut ini adalah ke tujuh hal yang bisa bikin puasa kamu batal. Mau tau apa saja ? Mari kita simak ulasannya yang berikut ini, seperti dilansir Solopos.com.

loading...

1. Makan dan minum

Makan dan minum dengan sengaja sudah pasti merupakan hal yang dapat membatalkan puasa. Semua hal yang dimasukan ke dalam lubang di tubuh manusia, itu akan membatalka puasa. Apa lagi makan dan minum yang sudah pasti akan dimasukan dari dalam mulut dan akan sampai ke lambung.

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam.” (Q.S. Al Baqarah ayat 187).

Namun, jika seseorang yang berpuasa namun ia dipaksa untuk makan dan minum, atau ia lupa, itu tidak akan membatalkan puasa.

2. Melakukan Hubungan Seksual dengan Sengaja

Hubungan seksual yang dilakukan oleh sepasang suami istri juga dapat membatalkan puasa. Hubungan seksual tersebut yang dilakukan oleh sepasang suami istri adalah dengan batas minimal masuknya khasafah (kemaluan laki-laki) ke dalam farji (kemaluan) apabila tidak sampai melewati batas, maka puasa tidak akan batal.

3. Muntah dengan Sengaja

Muntah dengan sengaja juga dapat menyebabkan batalnya puasa. Seperti yang sudah diterangkan oleh Abu Hurairah, Nabi shallallahu alaihi wa sallam,  “Barangsiapa yang dipaksa muntah sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qodho baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qodho.” (Hadits Hasan Gfarib, riwayat al-Tirmidzi: 653 dan Ibn Majah: 1666)

4. Keluarnya mani dengan sengaja.

Keluarnya air mani tanpa melakukan hubungan seksual juga dapat menyebabkan batalnya puasa. Namun, jika disebabkan oleh mimpi basah, maka puasanya tidak akan batal.

“(Allah Ta’ala berfirman): ketika berpuasa ia meninggalkan makan, minum dan syahwat karena-Ku”( HR. Bukhari no. 1894)

5. Berniat membatalkan puasa

Hanya dengan berniat membatalkan puasa dalam keadaan sadar, maka puasanya akan batal, meskipun saat itu ia tidak makan dan minum.

Nah, itulah dia hal -hal yang dapat membatalkan puasa.

Updated: Juni 25, 2015 — 2:57 pm
Terselubungi.Com © 2014