Terselubung

Blog Terselubung

5 Benda Purba Yang Masih Menyimpan Misteri Besar

Guci Xieng Khouang, Laos

Terselubungi.com – Semua hal yang bersejarah yang ada sejak zaman dahulu pastinya menjadi benda yang berharga pada zaman saat ini. Semua benda yang bernilai sejarah pastinya disimpan sebaik-baik mungkin dan bahkan dijaga agar tidak hilang.

Benda sejarah bisa bernilai mahal jika benda tersebut berasal dari zaman purbakala. Seperti ke lima benda purba ini yang menyimpan misteri besar.

Mau tau seperti apa benda sejarah tersebut ? Yuk, langsung saja kita simak ulasanya yang berikut ini, seperti dilansir evegood.com

loading...

1. The Hobbit Flores, Indonesia

1

Beberapa arkeolog telah berhasil menemukan kerangka  manusia mini pada tahun 2004 di Pulau Flores, Indonesia. Kerangka manusia tersebut berbentuk kecil kira-kira memiliki tinggi sekitar satu meter dan berat sekitar 25 kilogram.

2. Kain Kafan Turin, Italia

Kain Kafan Turin (Shroud of Turin), Italia

Kain kafan Turin merupakan sepotong kain linen yang memiliki  gambaran seorang pria yang keberadaannya mulai terungkap di Eropa bagian barat. Kain tersebut memiliki  ukuran sekitar 4,4 x 1,1  meter yang ditenun menggunakan bahan dasar linen. Kain kafan ini diyakini sebagai kain kafan Yesus Kristus pada saat dimakamkan dulu.

3. Topeng emas Agamemnon, Yunani

Topeng Emas Agamemnon, Yunani

Seorang arkeolog yang bernama Heinrich Schilemann telah menemukan sebuah topeng ems yang diperkirakan merupakan topeng Raja  Yunani legendaris Agamemnon.

4. Burung Saqqara, Mesir

Burung Saqqara, Mesir

Benda bersejarah selanjutnya adalah Burung Saqqara yang dipercaya merupakan model pesawat pertama yang dibuat oleh nenek moyang. Burung Saqqara ini ditemukan pada tahun 1898  yang diperkiraan sudah berusia 2.200 tahun. Pada tubuh burung ini terdapat sebuah tulisan yaitu “Persembahan untuk Amon”.

5. Guci Xieng Khouang , Laos

Guci Xieng Khouang, Laos

Guci raksasa yang ditemukan pada tahun 1930-an ini merupakan  benda bersejarah yang berasal dari zaman Megalitikum. Para ahli meyakini jika guci ini digunakan  untuk acara  pemakaman, penyimpanan abu, dan sejenisnya.

Nah, itulah dia ke lima benda bersejarah yang bernilai sangat mahal.

Updated: Januari 4, 2018 — 2:33 pm
Terselubungi.Com © 2014