Terselubung

Blog Terselubung

10 Alasan Kenapa Sebaiknya Muslim Tidak Merayakan Tahun Baru Masehi

thun baru

Banyak sekali ajaran yang mengatakan kenapa umat muslim tidak merayakan tahun baru masehi. Seperti yang dilansir dari bersamadakwah.net, inilah dia 10 alasan kenapa sebaiknya muslim tidak merayakan tahun baru masehi.

1. Alasan Sejarah

Salah satu alasan kenapa umat muslim tidak boleh merayakan malam tahun baru masehi karena sudah ada sejarahnya. Sejarahnya jika umat muslim mereyakan tahun baru masehi bearti mereka memiliki keterkaitan historis dengan ritual/budaya paganisme Romawi.

loading...

Hal ini sudah tercantum di dalam The World Book Encyclopedia disebutkan bahwa Penguasa Romawi Julius Caesar menetapkan 1 Januari sebagai hari permulaan tahun baru semenjak abad ke 46 SM. Orang Romawi mempersembahkan hari itu (1 Januari) kepada Janus, dewa segala gerbang, pintu-pintu, dan permulaan (waktu).

Bahkan di dalam al-quran juga disebutkan :
وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya” (QS. Al isra’: 36)

2. Tasyabbuh

Alasan kenapa umat muslim tidak boleh merayakan tahun baru masehi karena sama saja mereka melakukan kebiasaan orang-orang barat seperti (tasyabuh) yakni seseorang akan jatuh ke dalam golongan yang diserupainya.

Rasulullah bersabda,
مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad dan Abu Daud)
لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا

“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi; hasan)

3. Terompet Yahudi

Kebanyakan orang merayakan tahun baru masehi dengan meniup terompet agar lebih meriah. Meniup terompet ini sama saja ajaran agama yahudi yang dilarang pada umat muslim.

Rasulullah mensabdakan,

هو من أمر اليهود

“Membunyikan terompet adalah perilaku orang-orang Yahudi” (HR. Abu Daud; shahih)

4. Pemborosan

Umat muslim tidak dianjurkan untuk merayakan tahun baru masehi akibat melakukan peborosan. Seperti membeli ribuan kembang api yang sekali di bakar langsung habis atau hal – hal lain untuk berpesta di malam tahun baru itu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إن الله كره لكم ثلاثا قيل وقال وإضاعة المال وكثرة السؤال

“Sesungguhnya Allah membenci tiga hal pada kalian; kabar burung, membuang-buang harta, dan banyak bertanya.” (HR. Bukhari)

5. Begadang sepanjang malam

Kebanyak orang saat pergantian malam tahun baru masehi ini dengan bergadang sepanjang malam untuk menikmati indahnya pesta kembang api hingga deti pergantian hari tepat pukul 00.00. Kebiasaan ini tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga salah satu hal yang dibenci oleh Rasulullah.
وَكَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَهَا وَالْحَدِيثَ بَعْدَهَا

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan ngobrol setelah isya’ (HR. Bukhari)

6. Meninggalkan shalat

Salah satu alasan kenapa umat muslim tidak boleh merayakan tahun baru masehi karena selalu disibukkan dengan sebuah pesta untuk kemeriahan pergantian tahun. Ini membuat orang terkadang lebih meninggalkan sholat agar pesta berjalan sukses.

7. Menyia-nyiakan waku

Pergantian malam tahun baru yang kebanyak orang lebih berhura-hura ini salah satu hal yang paling dibenci Rasulullah karena lebih menyia-nyiakan waktu. Padahal, dalam Islam, waktu sangatlah berharga sehingga Allah bersumpah demi waktu.

Imam Syafi’i membuat kesimpulan yang sangat tepat terkait dengan waktu:
ونفسك إن أشغلتها بالحق وإلا اشتغلتك بالباطل

“Jika dirimu tidak tersibukkan dengan hal-hal yang baik (haq), pasti akan tersibukkan dengan hal-hal yang sia-sia (batil)”

8. Ikhtilath

Perayaan tahun baru menjadikan kesempatan bagi mereka sepasang kekasih untuk bersentuhan hingga melewati malam pergantian tahun. Inilah alasan kenapa islam tidak boleh merayakan tahun baru amsehi karena lebih kepada Ikhtilath.
لأَنْ يُطْعَنَ فِي رَأْسِ رَجُلٍ بِمِخْيَطٍ مِنْ حَدِيدٍ خَيْرٌ لَهُ مِنْ أَنْ يَمَسَّ امْرَأَةً لا تَحِلُّ لَهُ

“Ditusuknya kepala seseorang dengan pasak dari besi, sungguh lebih baik baginya daripada menyentuh wanita yang bukan mahramnya.” (HR. Thabrani; shahih)

9. Hal-hal haram

Perayaan malam tahun baru masehi ini terbilang haram bagi umat muslim karena mereka akan lebih bebas dengan bisa minum – minuman keras, berhura – hura , hingga tidak sadarkan diri.

10. Terjerumus zina

Bagi mereka yang telah terjerumus pergaulan bebas bisa saja malam tahun baru ini waktu luang bagi mereka untuk memiliki rencana berzinah bahkan melakukan perbuatan yang di haramkan dalam islam.

Nah, itulah dia 10 alasan kenapa umat muslim tidak merayakan malam tahun baru.

Updated: September 12, 2017 — 10:31 pm
Terselubungi.Com © 2014